img_head
BERITA

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Langsa Berlangsung Khitmad

Jun10

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 44 Kali


MS LANGSA – Ketua Mahkamah Syar'iyah Langsa Langsa Yedi Suparman, SHI, MH menghadiri acara pelaksanan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Langsa yang digelar di halaman Pendopo Walikota Langsa, Sabtu (1/6) berlangsung dengan khitmad.

Pada upacara tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0104/Atim Letkol. Inf. Muhammad Iqbal Lubis.

Saat membacakan amanat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Dandim menyebutkan, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ucapnya.

Lanjut Dandim, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila berarti membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” demikian tutupnya.

Upacara tersebut diikuti oleh Walikota Langsa Usman Abdullah,SE, Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid, MM, Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib, SH, M.AP, Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan SIK M.Sc, Pengadilan Negeri Langsa Dr. Nurnaningsih Amriani, SH, MH, Ketua Mahkamah Syar'iyah Langsa Langsa Yedi Suparman, SHI, MH, Kepala BNN Kota Langsa AKBP Navri Yulenny, SH, MH, perwakilan Kejaksaan Negeri Langsa kepala OPD, TNI, Polri, para ASN dan para siswa dan siswi dari berbagai sekolah dalam wilayah Pemko Langsa.

Selain jajaran Pemerintah Kota Langsa, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga dilaksanakan oleh sejumlah instansi vertikal, seperti Universitas Samudera dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa di masing-masing kampus.

https://suaraindonesia-news.com/upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila-di-kota-langsa-berlangsung-khitmad/