img_head
BERITA

Evaluasi Implementasi APM Tahun 2019 pada Mahkamah Syar’iyah Langsa

Nov06

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 35 Kali


Langsa | ms.langsa.go.id | Rabu, tanggal 6  November 2019 Mahkamah Syar’iyah Langsa kedatangan Tim Asessmen Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dari Mahkamah Syar’iyah Aceh. Maksud kedatangan tim tersebut adalah untuk melaksanakan evaluasi terhadap implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Mahkamah Syar’iyah Langsa. Tim yang terdiri dari Khairuddin, S.H., M.H. (selaku lead asessor), Ratna Juita, S.Ag., S.H., M.H. (selaku pendamping asessor) dan Muh. Fathu Rozaq, S.Kom. (pendamping asessor) tiba di Mahkamah Syar’iyah Langsa pada pukul 08.15 WIB dan disambut oleh Ketua serta seluruh pegawai Mahkamah Syar’iyah Langsa.

Kegiatan evaluasi implementasi APM di Mahkamah Syar’iyah Langsa diawali oleh tim dengan melakukan observasi terkait kondisi sarana, prasarana dan kebersihan lingkungan kantor, mengamati penerapan budaya kerja 3S (Senyum, Salam, Sapa), 5R (Resik, Rawat, Rapi, Ringkas, Rajin), mengamati kesiapan petugas PTSP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pelaksanaan one day minute dan one day publish serta meninjau penerapan 9 (sembilan) aplikasi inovasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Selain itu, tim juga melakukan wawancara dengan masyarakat pencari keadilan guna mengkonfirmasi layanan pengadilan yang diberikan Mahkamah Syar’iyah Langsa.

Setelah melakukan observasi, kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan di ruang rapat dengan agenda untuk melihat sejauh mana implementasi APM Mahkamah Syar’iyah Langsa. Acara dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne mahkamah Agung serta pembacaan do’a. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Asessmen Surveillance (Khairuddin, S.H., M.H.). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan kedatangan tim bukanlah untuk mencari kesalahan melainkan untuk melakukan observasi dan evaluasi terhadap keberlanjutan implementasi APM pada Mahkamah Syar’iyah Langsa. Beliau juga mengharapkan bahwa sistem manajemen mutu tetap dilaksanakan secara konsisten sebagai tolok ukur mutu pelayanan peradilan di Mahkamah Syar’iyah Langsa.

Guna memupuk semangat, diserukanlah yel-yel APM Mahkamah Syar’iyah Langsa yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penjaminan Mutu (Mursyid Syah, S.Ag.). Kemudian dilanjutkan dengan presentasi evaluasi implementasi APM oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Langsa (Yedi Suparman, S.H.I., M.H.) selaku Top Manajemen. Dalam presentasinya beliau memaparkan capaian yang telah berhasil dilaksanakan selama penerapan sistem manajemen mutu yang meliputi 7 (tujuh) kriteria, yaitu Kepemimpinan, Fokus Pengguna, Manajemen Proses, Rencana Strategis, Manajemen Sumberdaya, Sistem Dokumen dan Hasil Kinerja.

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara Tim Asessmen Surveillance dengan Tim Penjaminan Mutu Mahkamah Syar’iyah Langsa. Tim Asessmen Surveillance memberikan pertanyaan kepada Tim Penjaminan Mutu terkait implementasi APM pada Mahkamah Syar’iyah Langsa. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesimpulan hasil evaluasi oleh Ketua Tim Asessmen Surveillance dan dilanjutkan dengan foto bersama. (tim IT)