img_head
BERITA

Ketua MS Langsa Mengikuti Diklat Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah

Nov20

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 40 Kali


Langsa | ms-langsa.go.id. | Pada tanggal 18 sampai dengan 30 November 2019, Ketua Mahkamah Syar’iyah Langsa (Yedi Suparman, S.H.I., M.H.) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah yang bertempat di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh. Kegiatan diklat yang berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) minggu ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang hakim tingkat pertama dan hakim tingkat banding.

Sesuai dengan Perma Nomor 5 Tahun 2016 menyebutkan bahwa hakim yang ditunjuk memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara ekonomi syariah adalah hakim yang telah lulus diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah. Akan tetapi kenyataan di lapangan, sangat sedikit hakim yang telah memenuhi persyaratan tersebut.

Guna memenuhi hakim yang memiliki sertifikasi ekonomi syariah atau paling tidak untuk menambah hakim yang sudah bersertifikat tersebut, Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI melaksanakan Diklat Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah.

Acara pembukaan diklat sertifikasi hakim ekonomi syariah ditandai dengan pemasangan kartu peserta yang diwakili oleh dua orang yaitu Ketua MS Blangkajeren (Fakhrurrazi) dan Wakil Ketua MS Simpang Tiga Redelong (Siti Salwa). Setelah acara pembukaan, seluruh peserta melakukan wawancara dengan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh (Drs. H. Zulkifli Yus, M.H.) dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan (Dra. Hj. Rosmawardani, S.H.,M.H.).

Dengan dilaksanakannya Diklat Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah ini, diharapkan Hakim di wilayah Mahkamah Syar’iyah Aceh mampu mengadili sengketa ekonomi syariah dengan benar sesuai hukum acara.