Langsa | ms-langsa.go.id. | Rabu, 20 Agustus 2025, Seluruh Aparatur Mahkamah Syar’iyah Langsa mengikuti Pelatihan Service Exellent untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Langsa dengan menghadirkan narasumber Ibu Linda Oktavia selaku Service Quality Officer BSI Area Lhokseumawe, yang bertempat di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar’iyah Langsa dan berlangsung mulai pukul 10.00 s.d 12.00 Wib.
Pelatihan Service Exellent bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pegawai Mahkamah Syar’iyah Langsa, khususnya bagi petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), petugas keamanan, petugas resepsionis dan penjaga sidang dalam memberikan pelayanan prima bagi para pencari keadilan. Materi pelatihan yang disampaikan narasumber dimulai dari nilai-nilai pelayanan yang terdiri dari 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, dan Solusi), tampilan visual yang rapih, cara duduk dan berdiri serta bagaimana menerima keluhan dan aduan dari para pencari keadilan. Seperti yang disampaikan oleh narasumber yang mengutip kalimat bahwa pelayanan adalah mentransfer kebahagiaan ke orang lain, sehingga kebahagian petugas terlebih dahulu dipastikan telah terwujud, kemudian baru di transfer kepada orang lain. Pada kesempatan tersebut,Ketua Mahkamah Syar’iyah Langsa Ibu Fadhilah Halim, S.H.I., M.H. juga menyampaikan bahwa Pelatihan Service Exellent ini diharapkan dapat membekali aparatur Mahkamah Syar’iyah Langsa khususnya bagi petugas PTSP, petugas keamanan, petugas resepsionis dan penjaga sidang dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Inisiatif pelatihan ini mencerminkan komitmen Mahkamah Syar’iyah Langsa untuk terus memperbaiki dan meningkatkan standar pelayanan kepada para pencari keadilan. Kolaborasi dengan Bank Syariah Indonesia cabang Langsa mampu memberikan dimensi tambahan, memanfaatkan keahlian dan prinsip-prinsip syariah untuk meningkatkan aspek pelayanan di lingkungan peradilan. Penekanan pada Service Exellent tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pihak yang terlibat dalam proses peradilan.
Untuk mewujudkan pelayanan yang unggul, Mahkamah Syar’iyah Langsa juga terus melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap implementasi hasil pelatihan dalam keseharian. Dengan demikian, diharapkan pelayanan hukum di Mahkamah Syar’iyah Langsa dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam upaya menciptakan sistem peradilan yang responsif dan bersahabat bagi masyarakat. Dengan pelayanan yang lebih baik, diharapkan masyarakat pencari keadilan lebih puas dengan layanan yang diberikan. Semoga…